print this page 

Senin, 06 September 2010

Mudik Lebaran

Merayakan Hari Raya Idul Fitri sangat terasa dan bermakna jika berada di lingkungan keluarga terdekat kita.
Karena yang paling inti dari perayaan Idul Fitri adalah saling bersalam-salaman dan bermaaf-maaf-an dengan sanak keluarga terdekat kita seperti Ayah,Ibu,kakek,nenek,abang,adik dll. Walaupun dijaman sekarang ini kita bisa saja menyampaikan ucapan selamat dan ucapan maaf melalui handphone, terasa kurang afdol karena tidak bertemu secara langsung dengan orang-orang yang kita cintai.
Karena itu, mudik lebaran sudah merupakan tradisi untuk merayakannya dengan orang-orang yang kita cintai yaitu sanak saudara kita.
Bagi masyarakat yang hidup jauh diperantauan, mudik lebaran sudah direncanakan berhari-hari bahkan berbulan-bulan sebelumnya. Baik itu pelajar, mahasiswa / i , karyawan , pengusaha , dan bahkan pejabat-pun yang merantau jauh dari sanak keluarga, sudah mendambakan jika merayakan Idul Fitri berada dekat dengan sanak keluarga mereka.
Bagi yang mau mudik sudah mempersiapkan tiket jauh-jauh hari sebelumnya karena takut kehabisan tiket.
Bagi yang mudik dengan kendaraan pribadi ( sepeda motor dan mobil ) juga mempersiapkan kendaraannya agar fit di perjalanan. Mudik dengan kendaraan pribadi sangat melelahkan tetapi juga menyenangkan, karena banyak daerah yang di lewati dan yang pastinya bisa menikmati pemandangan alam yang indah dan alami.
Mudik lebaran adalah merupakan gambaran kokohnya nilai-nilai keagamaan masyarakat di Indonesia yang mayoritas beragama Islam.
Tradisi mudik lebaran mencerminkan betapa masyarakat Indonesia sangat mencintai kampung halamannya walau apapun yang terjadi dan walau dimanapun mereka berada.
Hal ini harus sangat menjadi perhatian pemerintah dengan memperbaiki atau menambah sarana/fasilitas transportasi dan jalan terhadap tradisi akbar masyarakat Indonesia sekali setahun ini. Semoga perjalanan mudik Lebaran tahun ini lebih aman dan lancar dari tahun-tahun sebelumnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar